Makna di Balik Pakaian Profesi Perawat - TOKO PERAWAT (TOP)

Makna di Balik Pakaian Profesi Perawat

10 bulan yang lalu      Seragam Perawat

Sejarah keperawatan yang panjang telah membawa profesi ini mengembangkan ciri khas tersendiri. Meskipun demikian seiring perkembangan zaman, kini beberapa dari ciri khas tersebut telah diubah untuk menyesuaikan dengan kemajuan zaman dan kebutuhan. Pakaian profesi perawat sebagai ciri khas dan identitas perawat kini telah banyak mengalami modifikasi. Bila dibandingkan dengan pakaian profesi perawat beberapa dekade lalu, pakaian profesi perawat masa kini jauh berbeda dan lebih bervariasi.

Umumnya pakaian profesi perawat berwarna putih. Warna putih tersebut melambangkan kemurnian, kesucian dan spritualitas, serta kedewasaan yang harus ada di jiwa seorang perawat. Warna putih juga identik dengan kebersihan sehingga perawat yang memakai seragam putih akan selalu menjaga kebersihan dirinya. Dengan demikian, pakaian profesi yang berwarna putih bagi perawat bertujuan untuk menanamkan kepribadian yang bersih dengan hati dan jiwa yang suci.

Kini warna dari pakaian profesi perawat memiliki berbagai variasi. Variasi warna pakaian profesi perawat masa kini mengikuti standar dan aturan yang berlaku di masing-masing instansi layanan kesehatan. Meskipun demikian, variasi warna tersebut tidak merubah nilai-nilai dan karakter yang harus dimiliki perawat dalam menjalani profesinya.

Selain warna, atribut perawat juga mengalami modifikasi seiring waktu. Pakaian profesi perawat wanita dahulu dilengkapi dengan topi atau cap. Fungsi dari cap tersebut yaitu sebagai penanda bahwa pemakai cap merupakan perawat yang bertugas membantu dan merawat orang yang sakit atau membutuhkan pertolongan. Selain itu, cap juga berfungsi untuk menjaga kerapian rambut perawat agar tidak terurai dan kotor. Cap sudah menjadi ciri khas baju profesi keperawatan sejak tahun 1800an.

Cap perawat kini masih digunakan sebagai atribut pakaian profesi perawat di beberapa instansi layanan kesehatan. Meskipun kebanyakan instansi layanan kesehatan kini sudah tidak lagi mewajibkan perawat mengenakan cap, makna dari cap tersebut masih terus dianut oleh perawat. Cap melambangkan dedikasi, kejujuran, kebijaksanaan, dan keyakinan yang senantiasa dijunjung oleh perawat dalam memberikan pertolongan kepada mereka yang membutuhkan.

Sumber: American Journal of Nursing (web nursing.ui.ac.id)




Komentar Artikel " Makna di Balik Pakaian Profesi Perawat"